Join our telegram Contact Us Join Now!

Teks Artikel (Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh)

teks artikel, pengertian artikel, contoh artikel, syrotaku
Teks Artikel, Artikel Junk Food, Syrotaku
Teks Artikel | Image Source : Google

Artikel secara umum adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Sumandiri menjelaskan artikel merupakan tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca.

Ciri-Ciri Artikel

Ada beberapa unsur-unsur artikel yang harus ada, seperti kata, kalimat, gaya bahasa, dan isinya. Unsur-unsur yang ada akan membentuk karakteristik artikel yang harus digunakan.Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri artikel secara umum:

  • Isi artikel harus berdasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Menggunakan metode penulisan yang tepat dan sistematis agar informasi mudah diterima oleh pembaca.
  • Memiliki sifat faktual dan informatif berdasarkan riset dan hasil penelitian yang telah dilakukan.
  • Bahasa dan kata yang digunakan bersifat resmi dan baku.
  • Dapat mengandung opini dan analisa pemikiran, namun tetap harus dilandasi data dan teori yang valid.
  • Menggunakan ragam kalimat yang lugas, logis, denotatif dan efektif.

Struktur Teks

Bambang Rahino Setokoesoemo (2002: 92-95) menyampaikan bahwa artikel memiliki empat struktur bangunan di dalamnya.

  1. Pembuka (lead)
    Pembuka adalah alinea pertama pada awal sebuah artikel. Terdiri atas prolog, lead, intro, atau teras yang umumnya disebut dengan pembuka. Bagian kepala ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pada pembahasan artikel berikutnya. Bagian pembuka ini berisi uraian peristiwa, pernyataan, rangkaian kejadian, kutipan kata bernyali dan sebagainya. Jika kita jeli dalam menguraikan peristiwa atau pernyataan yang akan kita tuangkan dalam artikel, maka akan ada daya tarik tersendiri.
  2. Leher
    Pada bagian ini disambungkan teras dengan isi materi yang akan disajikan dalam artikel. Bagian ini sering disebut sebagai jembatan atau pengait. Isi bagian leher artikel ini menyampaikan pernyataan atau uraian yang mengungkapkan suatu permasalahan. Jelasnya, bagian ini menghubungkan antara kepala dengan perut artikel yang kita rencanakan.
  3. Isi/Tubuh
    Bagian isi artikel merupakan bagian yang paling penting dalam proses penulisan artikel, karena di bagian inilah segala permasalahan dituangkan. Bagian ini berupa uraian eksplanasi. Caranya dengan mengungkapkan permasalahan yang ingin dikupas. Usahakan tetap terjaga fokusnya, jangan sampai keluar dari fokus permasalahan.
  4. Alinea Penutup
    Bagian akhir dari artikel biasa disebut antiklimaks, kaki, atau ending dari suatu artikel. Bagian ini berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan kedalam bentuk simpulanyang ringkas dan jelas. Dalam membuat ending yang baik, kita harus mengaitkan kembali teras, prolog, isi, dan materi artikel dengan runtut agar tercapai suatu kesatuan yang utuh. Jangan mengakhiri penulisan artikel dengan simpulan yang bernada normatif, umum, atau menggurui.

Contoh Artikel

Dampak Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal junk food, pasti semua dan termasuk Anda tahu apa itu junk food. Apa sih itu junk food? Ya, junk food adalah makanan siap saji atau instan, sehingga tidak perlu harus mengolah bumbu dan mencapur bumbu, hanya saja Anda akan langsung tersaji makanan siap saji. Junk food biasanya terdapat di restoran, Anda hanya akan memilih makanan, langsung makanana pesanan Anda akan dapat. Makanan junk food dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah ditemukan. Selain itu junk food juga merupakan makanan yang lezat serta harganya yang terjangkau.

Junk food atau yang biasa disebut dengan makanan cepat saji ini sudah berdampak buruk di negara kita ini. Dampak buruknya yakni karena terdapat zat-zat berbahaya didalam makanan instan seperti lilin pada mie instan. Tak hanya itu saja, kenyataannya dalam makanan cepat saji terdapat bahan pengawet dan penyedap makanan yakni micin. Kata micin sudah tidak asing lagi di era anak muda zaman sekarang, biasanya jika ada seseorang yang sedang mengalami ketidak normalan dalam biasanya bergaul mereka menyebut generasi micin.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa keseringan mengknsumsi makanan cepat saji memang tidak berdampak langsung pada tubuh. Namun pada kemudian hari makanan siap saji tersebut akan tertumpuk-tumpuk dalam tubuh hingga menyebabkan penyakit, yakni kanker. Tidak hanya kanker, penyakit lainnya akan muncul seperti stroke, diabetes, ususbuntu, serta gagal ginjal dan lain sebagainya.

Maka dari itu bagi Anda yang sudah terlanjur sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka mulai sekarang coba kurangi stok untuk makanan cepat saji. Mulai sayangi tubuhmu. Dengan mengurangi maka otomatis Anda menolak untuk sakit. Semoga bermanfaat untuk pembaca.


Ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah "Analisis Wacana"
Name : Moh. Hasan Sarifudin
NIM : 1788201078
Program Studi : Pend. Bahasa Indonesia
Fakultas : Ilmu Pendidikan dan Sosial
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Source:
Google

Berikan Support mu:

Terimakasih sudah membaca: Teks Artikel (Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh).Cobalah untuk meninggalkan sedikit komentar!

Getting Info...

About the Author

Seseorang yang enggan bergerak tapi ingin sukses. syrotaku.blogspot.com

2 komentar

  1. Lanjutkan dengan karya yang lain. salam literasi.
    1. Siap
Cantumkan komentar yang membangun ya...!!!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.